PENGARUH LAYANAN DIREKTORAT KEBUDAYAAN KEMENDIKBUD TERHADAP KINERJA PEMANGKU KEPENTINGAN BIDANG KEBUDAYAAN DALAM PEMERTAHANAN BANGSA INDONESIA

Authors

  • Soleh Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/aspirasi.v8i2.27

Keywords:

Pengaruh layanan, Pemangku Kepentingan, Kolaborasi Pemertahanan Bangsa

Abstract

Indonesia merupakan negara kaya keanekagaman budaya yang menjadi puncak kebudayaan Nasional.
Puncak-puncak kebudayaan ini perlu dijaga demi keutuhan bangsa melalui upaya pemertahanan bangsa.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya untuk meningkatkan kinerja
program dan kebijakan kebudayaan. Salah satunya adalah dengan peningkatan layanan prima (service
excellent) dan layanan yang berorientasi kepada pemangku kepentingan (Kepala Sekolah/Guru/
Siswa, Pengelola Cagar Budaya, Pengelola Museum, Komunitas Budaya, Komunitas Seni, Komunitas
Film, Keraton, Pengurus Organisasi Kepercayaan, Komunitas Adat, Sanggar Seni, dan Pemuka Adat).
Berdasarkan pendapat dari para pemangku kepentingan; kualitas pelayanan/program kebudayaan
Kemendikbud akan berpengaruh secara langsung kepada kepuasan para pihak pemangku kepentingan
baik yang secara langsung mendapat manfaat ataupun yang tidak secara langsung mendapatkan
manfaat, dan mendorong kinerja pemangku kepentingan dalam berkegiatan berkebudayaan yang
akhirnya mempengaruhi terciptanya Ketahanan Budaya Bangsa. Namun upaya Pemerintah saja
(baca:Direktorat Kebudayaan Kemendikbud) dalam rangka pemertahanan bangsa tidak akan cukup,
perlu membangun kebersamaan dan kerjasama atau kolaborasi dengan stakeholder lain khususnya
pemangku kepentingan bidang kebudayaan. Tulisan ini bertujuan mengungkapkan kondisi aktual dan
faktual layanan Direktorat Kebudayaan terhadap Pemangku Kepentingan Bidang Kebudayaan melalui
metode deskriptif dengan indepth interview. Kolaborasi adalah suatu bentuk kerjasama yang bisa
dibangun oleh Pemerintah dan Pemangku Kepentingan sebagai upaya Pemertahanan Bangsa.

Downloads

Published

2018-11-12

Issue

Section

Articles