ANALISIS KEBIJAKAN SISTEM MITIGASI BENCANA BANJIR DI WILAYAH SUNGAI CITARUM

  • Soleh FISIP-Universitas Wiralodra Indramayu
Keywords: Banjir, Kibijakan, Mitigasi.

Abstract

Banjir terjadi di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia, salahsatunya di Wilayah Sungai Citarum. Kejadian banjir semakin sering dan menimbulkan banyak kerugian bagi negara maupun masyarakat. Implementasi kebijakan mitigasi bencana banjir sampai saat ini belum efektif mengurangi resiko banjir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menjelaskan bahwa penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penggalian data melalui indepth interviu dan FGD.
Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa upaya mitigasi banjir di Wilayah Sungai Citarum belum berhasil. Upaya-upaya yang dilakukan sebelum banjir terjadi, tanggap darurat ketika banjir dan pemulihan pasca banjir belum memperlihatkan kinerja yang maksimal, hal ini ditandai dengan masih sering terjadi banjir dan dampak kerugiannya masih besar. Penekanan dalam mitigasi adalah upaya sebelum terjadinya bencana banjir agar resiko atau kerugian-kerugian yang mungkin terjadi diakibatkan banjir sangat kecil. Untuk itu, kedepan implementasi undang-undang No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Peraturan Mentri PUPR No. 13/PRT/M/2015 tentang Penanggulangan Darurat Bencana Akibat Daya Rusak Air harus benar-benar efektif. Garis besar dari kedua peraturan diatas adalah perlunya menjamin kegiatan mitigasi baik secara struktural maupun non struktural berjalan terus seiring siklus management bencana, dimulai dari perencanaan mitigasi, tanggap darurat, pemulihan, dan menyusun rencana mitigasi kembali.

References

Cresswell. John. W. 2012. Qualitative Inquiry and Research Design. Third Edition, Sage Publication Inc.
Dokumen Pola dan Rencana WS Citarum 2014 Indonesian Urban Disaster Mitigation Project and Asia Disaster Preparedness Center, 1998. Essay On The Management Of The Problem Of Flood Disaster Inflicted By La Nina 1998.
Kodoatie, Robert, 2008. Rekayasa dan Manajemen Banjir Kota, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Permen PUPR No. 13 tahun 2015 tentang Penanggulangan Bencana Akibat Daya Rusak Air. Santoso, Eko Budi, 2013. Manajemen Resiko Bencana Banjir Kali Lamong, Jurnal Penataan
Ruang, Volume 8, Nomor 2, 2013, Halaman 48-59.
Undang-undang Republik Indonesia No. 17/2019 tentang Sumberdaya Air
Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana
Published
2019-02-20
Section
Articles