PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA SINGAJAYA KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Ismanudin FISIP-Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/aspirasi.v8i2.66

Keywords:

Pelaksanaan, Pelayanan Publik, Desa Singajaya

Abstract

ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan publik di Desa Singajaya Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Adapun permasalahannya bahwa pelaksanaan pelayanan publik di Desa Singajaya Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu terlihat masih kurang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Unit analisis dalam penelitian ini adalah keseluruhan pihak-pihak yang terkait secara langsung dalam pelaksanaan pelayanan publik di Desa Singajaya tersebut. Instrumen penelitian utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam tahap selanjutnya dapat dikembangkan instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan penelitian. Penentuan subyek yang dipilih sebagai informan kunci adalah digunakan teknik purposive, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Data dianalis dengan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan teknik kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaa pelayanan publik di Desa Singajaya Kecamatan Indramayu berdasarkan dimensi atau aspek yang diamati peneliti telah menunjukkan adanya pelayanan publik yang cukup baik, dan sesuai tugas pokok dan kewenangan pemerintah desa tersebut. Namun demikian aspek-aspek yang mendukung pelaksanaan pelayanan tersebut perlu terus ditingkatkan lagi, baik secara kualitas maupun kuantitasnya, sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa di desa tersebut secara optimal dan lebih efektif lagi di masa-masa mendatang.

References

Bogdan, Robert dan Tailor, Steven J. 1993. Kualitatif, Dasar-dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.
Labolo, Muhadam. 2008. Memahami Ilmu Pemerintahan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Terjemahan oleh Tjun Surjaman. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rewansyah, Asnawi. 2011. Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik. Jakarta: STIA-LAN.
Sedarmayanti, 2000. Resturkturisasi dan Pemberdayaan Organisasi Untuk menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Mandar Maju.
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan. 1995. Metode Penelitian Survey. Edisi Revisi PT.
Sianipar, JPS. 1998. Pelayanan Prima. Jakata: LAN RI.
Suradinata, Ermaya. 1998. Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Bandung: CV Ramadhan.
Wasistiono, Sadu. 2003. Kapita Selekta Manajemen Pemerintahan Daerah. Bandung: CV Folusmedia.
Peraturan Perundang-Undangan:
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa.
Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 8 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Desa.
Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 9 Tahun 2006 Tentang Keuangan Desa.
Peraturan Bupati Indramayu Nomor 18 B Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Downloads

Published

2018-02-28

Issue

Section

Articles