IMPLEMENTASI PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) (STUDI KASUS DI DESA KARANGSONG KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU)

Authors

  • Mulyati Kartini Universitas Wiralodra, Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/aspirasi.v14i01.116

Keywords:

Implementasi, Program KOTAKU, Kawsan Kumuh

Abstract

Kawasan permukiman kumuh merupakan permasalahan klasik yang sudah sejak lama "menghantui" kota-kota besar. Umumnya kawasan permukiman kumuh (slum area) terbentuk karena ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan pemanfaatan lahan untuk tempat tinggal. Kabupaten Indramayu telah menjalankan Program KOTAKU salah satunya yaitu di Desa Karangsong Kecamatan Indramayu hanya memfokuskan pada penanggulangan kumuh bagian infrastruktur. Sedangkan didalam Program KOTAKU penanggulangan kumuh tidak hanya dari aspek Infrastruktur melainkan juga dalam hal ekonomi, sosial dan budaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) (Studi Kasus Di Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana menggambarkan kondisi lapangan yang ada secara objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Indramayu telah melaksanakan Program KOTAKU di Desa Karangsong dengan membuat saluran udicth dan betonisasi jalan dengan memberikan corak warna di jalan untuk lebih indah di lihat.

References

Agustino, Leo, 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Ali Faried dan Alam Syamsu Ali, 2012. Studi Kebijakan Pemerintah. Bandung:Refika Aditama

Dunn, William, 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Natsir. Luthfi. 2018. Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Menangani Pedagang Kaki Lima di Kawasan Zona Merah di Kota Bandung. Jurnal ASPIRASI. Edisi Februari 2018 Vol. 8 No. 2.

Natsir. Luthfi. 2019. Kebijakan Pemerintah Daerah Kota Depok Dalam Penataan Kawasan Permukiman Kumuh. Jurnal ASPIRASI. Edisi Februari 2019 Vol. 9 No. 2.

Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu No. 4 Tahun 2013 tentang rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman

Winarno, B. (2016). Kebijakan publik era globalisasi (teori, proses dan studi kasus kompratif). Yogyakarta: CAPC (Center of Academic Publishing Service).

Downloads

Published

2024-02-27