POPULARITAS DAN MEDIA PADA CALON PILKADA TAHUN 2024 (Studi Pemenangan Lucky Hakim dan Syaefudin Pada Pilkada Kabupaten Indramayu)

Authors

  • Ibrahim FISIP Universitas Wiralodra-Indramayu
  • Mulyati Kartini FISIP Universitas Wiralodra-Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/aspirasi.v15i2.135

Keywords:

popularity, elektabilitas, media dan Pilkada

Abstract

Menganalisis popularity, elektabilitas dan media Lucky Hakim dalam pemilihan kepala daerah Bupati Indramayu Jawa Barat Pada Tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan yang digunakan oleh Lucky Hakim dalam menarik dukungan pemilih, termasuk penggunaan media sosial, penggalangan basis massa, dan kolaborasi dengan berbagai komunitas. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pengumpulan data melalui, observasi, dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa popularity lucky hakim sebagai artis dan pengelolaan media menciptakan branding dengan , serta pemanfaatan isu lokal dengan mengedapkan visi-misinya mengenai Indramayu Reang menjadi kunci sukses dalam kampanye Lucky Hakim. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi calon kepala daerah lainnya dalam merancang strategi kampanye yang efektif serta memperkaya literatur tentang politik lokal di Indonesia.

References

Ardha, B. (2014). Sosial Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 106.

Bernays, E. (2005). Propaganda: Manipulasi Opini Publik. Sleman: CV Jalan Baru.

Haryanto, S., & Riyanto, T. (2020). Personal Branding in the 2019 Legislative Election: A Study of Celebrity Candidates in Indonesia. Jurnal Komunikasi Politik, 7(3), 212–226.

Heryanto, S. (2018). Media sosial dan politik di Indonesia. Jakarta: Penerbit Andi

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., & Arisah, N. (2023). Metode penelitian kualitatif. Penerbit Tahta Media.

Heryanto, A., & Lubis, D. (2020). Media dan politik di era digital: Tantangan dan peluang. Jurnal Komunikasi Dan Politik, 6(2), 123–135.

Jati, W. R. (2014). Politik Selebritas Elaborasi Teoretik Terhadap Model Kampanye Baru.

Kawistara Vol.4, 181. Juditha, C. (2015). Political Marketing dan Media Sosial.

Mely. (2022, Juli 27). Hasil Survei Mengungkapkan Media Sosial Paling Digemari di Indonesia. Diambil kembali dari Gatra.com: https://www.gatra.com/news-548811- nasional-hasil- survei-mengungkapkanmedia-sosial-paling-digemari-di-indonesia- .html

Nasrullah, R., & Rachmawati, R. (2021). The Role of Social Media in Political Campaigning: A Study on Indonesian Regional Elections. Journal of Digital Society, 9(1), 45–60.

Newman, B. I. (1999). The mass marketing of politics: Democracy in an age of manufactured images. Thousand Oaks: Sage.

Downloads

Published

2025-08-28

How to Cite

Ibrahim, & Mulyati Kartini. (2025). POPULARITAS DAN MEDIA PADA CALON PILKADA TAHUN 2024 (Studi Pemenangan Lucky Hakim dan Syaefudin Pada Pilkada Kabupaten Indramayu). ASPIRASI, 15(2), 58–65. https://doi.org/10.31943/aspirasi.v15i2.135