STRATEGI PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU DALAM IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT BERBASIS KONSEP SMART CITY

Authors

  • Ibrohim FISIP-UNWIR

Keywords:

E-Government, Implementasi, Kebijakan Publik, Pelayanan Publik, Smart City

Abstract

Tren globalisasi merambah semua lini kehidupan manusia tak terkecuali dalam proses pemerintahan. Adaptasi perlu dilakukan agar tata kelola pemerintahan bisa responsif menjawab tuntutan zaman dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Di tingkat pusat maupun daerah bahkan tingkat desa pemerintah melakukan transformasi secara bertahap untuk mengimplementasikan e-Government, yaitu tata pemerintahan yang menggunakan sarana elektronik dan saluran internet (online). Di Indonesia, pengembangan e-Government  sudah diatur dalam Inpres No. 3 Tahun 2003 dengan tujuan mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan public secara efektif dan efisien. Dalam konteks Indramayu, Pemerintah Kabupaten menggulirkan kebijakan e-Government berbasis konsep Smart City. Indramayu mendapatkan penghargaan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan mendapatkan predikat membanggakan pada bulan April 2021 lalu. Berdasarkan hasil evaluasinya, penerapannya menempati peringkat 5 nasional. Predikat yang diraih tersebut berdasarkan evaluasi SPBE yang dilakukan pada Oktober 2020 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

References

Indrajit, Richardus Eko (2004). E-Government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset
Indrajit, Richardus E., 2005, Electronic Government, Penerbit Andi, Yogyakarta
Indrayani, Etin dan Gatiningsih. (2013). Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan, Konsep dan Aplikasinya pada Organisasi Pemerintahan/Pemda. Sumedang: Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Press.
Insani, Priskadini April. (2017). Mewujudkan Kota Responsif melalui Smart City. Jurnal Universitas Merdeka Malang
Nurmandi, Achmad, dkk. (2020). Teknologi Informasi Pemerintahan, Yogyakarta: UMY Press.
Rewansyah, Asmawi. (2010). Refomasi Birokrasi Dalam Rangka Good Governance. Jakarta: Yusaintanas Prima.
Siau, K., dan Long, Y. 2009. Factors impacting e-government development. Journal of computer information system. Fall
Sutopo, dan Adi Suryanto. (2003). Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta, STIA-LAN Press.
Inpres No.3 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indonesia
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Sumber Lain:
http://www.bpkp.go.id/sakd/konten/333/versi-2.1.bpkp
https://cirebonraya.pikiran-rakyat.com/ciayumajakuning/pr-1142437136/lebu-digital-konsep-pelayanan-desa-digital-di-kabupaten-indramayu?page=2
https://infopublik.id/kategori/nusantara/391176/menuju-penguatan-smart-city-indramayu-raih-jabar-digital-awardindramayu
https://www.fokuspantura.com/nasional/2438-kemenkominfo-optimis-konsep-smart-city-indramayu

Downloads

Published

2022-02-25