PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PECATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Melati Samudra Rindu Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Luthfi Faisal Natsir Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Ikke Puspitasari Universitas Wiralodra, Indramayu
  • Liya Amaliya Universitas Wiralodra, Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/aspirasi.v14i01.118

Keywords:

administrasi publik,, kependudukan dan catatan sipil, pelayanan

Abstract

Salah satu fungsi utama dari pemerintah yaitu melaksanakan pelayanan prima kepada masyarakat dengan menjalankan pelayanan yang berkualitas maka pemerintah telah hadir ditengah-tengah masyarakat guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Salah satu jenis pelayanan yaitu administrasi kependudukan yang menjadi ranah dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sebagai perangkat daerah yang posisinya cukup sentral dikarenakan sering disibukkan dalam memberikan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan administrasi kependudukan dan catatan sipil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola pelayanan administrasi publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan selama di lapangan bahwa Disdukcapil Kabupaten Indramayu sudah cukup baik dengan memberikan pola pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat melalui digitalisasai dengan nama aplikasi “SI PANDAN AYU BERMARTABAT”, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dimanapun dan kapanpun dengan melalui aplikasi tersebut. Selain menggunakan aplikasi, upaya lain yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Indramayu yaitu melakukan kunjungan ke desa-desa yang cukup jauh secara jarak dengan kantor Disdukcapil untuk mendapatkan pelayanan perihal administrasi kependudukan.

References

Natsir. Luthfi.F. (2018). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Menangani Pedagang Kaki Lima di Kawasan Zona Merah Kota Bandung. Jurnal ASPIRASI Vol. 8 (2), 24-31.

Natsir. Luthfi. F. (2019). Implementasi Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal ASPIRASI Vol. 13 (1), 49-58.

Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, Dan Implementasi (Cetakan ke-1). Jakarta: Bumi Aksara.

Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, Vol. 3 (1), 73-85.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Downloads

Published

2024-02-27

Most read articles by the same author(s)